5
(10)

Sat Reskrim Polres Payakumbuh akhirnya menangkap 2 orang pelaku penipuan dengan modus menjual batu merah delima palsu yang sering beraksi di wilayah Payakumbuh dan sekitarnya.

Disampaikan Kapolres Payakumbuh Selasa siang (26/5), kedua orang tersangka tersebut adalah Dede Mulyadi Als Dede Als Ngulu (33 tahun), warga Nagari Sarilamak, Kec. Harau, Kab. 50 Kota dan Gusma Yodi Als Yodi Als Doyok (40 Tahun), warga Nagari Tarantang, Kec.Harau, Kab. 50 Kota.

Menurut Kapolres, kedua tersangka tertangkap di sekitar kediamannya pada hari Selasa (27 Mei 2020) berserta barang bukti berupa 1 buah batu merah delima palsu, 1 buah kendi kecil tempat penyimpanan batu merah delima, 1 unit motor dan 2 unit HP.

Kedua Orang Pelaku Penipuan Dengan Modus Penjualan Batu Merah Delima Palsu

Dede mengaku bahwa mereka beraksi dengan cara bersandiwara pura-pura tidak saling kenal, dimana dede bertugas menawarkan batu merah delima kepada korban dan Gusma berperan sebagai masyarakat yang pura-pura ingin membeli. Gusma juga berperan meyakinkan korban bahwa batu tersebut berharga mahal, memiliki kekuatan mistis dan banyak khasiatnya.

Keduanya meyakinkan seolah batu tersebut asli dengan cara ditekan dengan dua jari dan dimasukkan ke dalam air. “Kedua batu merah delima palsu tersebut menyala apabila ditekan dengan dua jari ataupun bila dimasukkan ke dalam air karena di dalamnya ada baterai, begitu cara kami meyakinkan korban, ditambah peran Gusma yang meyakinkan korban tentang khasiat batu tersebut dan pura-pura ikut akan membelinya“, ujar dede.

Setelah korban terpengaruh, sebagai syarat pembelian, korban diajak shalat sunat dulu di masjid secara bergantian dengan ketentuan tidak boleh membawa barang bawaan. Untuk meyakinkan korban, yang pertama shalat adalah Gusma yang berperan pura-pura juga sebagai pembeli. Gusma menitipkan barang bawaannya kepada korban“, ujar Dede.

Kemudian kata Dede, dilanjutkan dengan korban shalat dengan menitipkan barang bawaannya kepada Gusma. Setelah korban shalat, kedua tersangka kabur membawa barang bawaan milik korban.

Didampingi Kasat Reskrim AKP M Rosidi dan Kanit Tipiter Ipda Fika Putri, Kapolres mengungkapkan bahwa kedua pelaku tersebut telah 4 kali berhasil melakukan penipuan dengan modus tersebut, di antaranya di Masjid Muhammadiyah Kota Payakumbuh, Rumah Sakit Umum Adnaan WD Kota Payakumbuh dan Halte Ngalau Koto Nan IC Kota Payakumbuh dan Pasar Padang Luar Kabupaten Agam.

Dari empat TKP tersebut kata Kapolres, pelaku berhasil membawa kabur barang milik korban berupa handphone, uang tunai dengan total 10 juta Rupiah dan cincin emas.

Terakhir, Kapolres meminta kepada warga untuk mewaspadai modus seperti ini dan hati-hati berinteraksi dengan orang yang baru dikenal, jangan mudah diperdaya. “Bagi masyarakat yang pernah menjadi korban dari pelaku, silahkan melapor ke Polres, kami tunggu”, tutup Kapolres. (Hms)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 10

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

17 Komentar

  1. Mantap…..polres payakumbuh hajar terus pelaku hopnotis

  2. Bravo Polres Payakumbuh, pelaku yang beroperasi dengan modus penipuan seperti ini tidak bisa dibiarkan, sungguh sangat merugikan dan meresahkan masyarakat, dengan tertangkapnya pelaku, kami sangat lega.
    Semoga bisa menjadi efek jera dan menjadi contoh bagi pelaku2 lainnya untuk tidak melakukan hal yang sama.

  3. Alhamdulillah, pelaku penipuan sdh tertangkap semoga membuat efek jera bagi pelaku dan orang lain, terima kasih Polres Payakumbuh 👍👍👍🙏

  4. Mantap Polres Payakumbuh, tidak sia 2 masyarakat mengadu ke Polisi, ada hasilnya, jayalah Polres Payakumbuh Pimpinan AKBP Dony Setiawan,Sik.MH.

  5. mantap polres pyk, tembak sajo pak pelaku nyo

  6. salut dan apresiasi atas gerak cepat pak kapolres beserta jajaran polres pyk

  7. iko namonyo polisi hebat talen, rancakkk sukses taruih kapolres pyk pak dony dt pandeka rajo mudo

  8. talen ko mah, mantap polisi polres payakumbuh….

  9. talen ko mah, mantap polisi polres payakumbuh….

  10. sukses selalu polres payakumbuh

  11. Hello my loved one! I wish to say that this article is awesome, nice written and include almost all significant
    infos. I would like to look extra posts like this .

  12. Hi there, just wanted to tell you, I loved this article.
    It was funny. Keep on posting!

  13. Hi Dear, are you truly visiting this site on a regular basis,
    if so then you will without doubt take nice know-how.

  14. Its like you learn my thoughts! You appear to know so much approximately this,
    like you wrote the guide in it or something. I think that you simply could do with a
    few percent to power the message house a little bit, however other
    than that, this is excellent blog. An excellent read.
    I will definitely be back.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.