5
(27)

Luar biasa kalo sudah begini semua RT/RW/kelurahan, insy Allah tidak ada Covid yang masuk. Mudah-mudahan menjadi contoh bagi yang lainnya, terima kasih atas dukungan TNI, Polri dan Pemda dan semoga ini bisa merata di seluruh daerah di Sumbar sehingga penjagaan terhadap orang-orang di wilayah kita bisa efektif“, ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat berkunjung ke Kampung Tangguh Perumnas Kubang Gajah, Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Rabu siang (17/6).

Bersama Gubernur, Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto dan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arif Gajah Mada juga mengapresiasi kemandirian dan ketangguhan relawan perumnas Kubang Gajah yang terbukti efektif mengatasi Covid dan dampaknya.

Kita apresiasi kearifan lokal disini, tidak hanya tangguh dari aspek kesehatan tetap juga aspek sosial, ekonomi dan keamanan. Kita berharap kampung tangguh ini bisa diadopsi tempat lain di seluruh Sumbar“, ujar Kapolda Sumbar.

Komentar tersebut disampaikan Gubernur, Kapolda dan Danrem usai meninjau kelengkapan posko dan mendapat penjelasan langsung dari relawan Kampung Tangguh Kubang Gajah dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang didampingi Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe dan Ketua DPRD Hamdi Agus.

Relawan Kubang Gajah menunjukkan kepada Forkopimda Sumbar kelengkapan sarana prasarana pendukung Posko yang berasal dari sumbangan warga dan tokoh masyarakat, antara lain terdiri dari bangunan posko semi permanen, lumbung pangan, dapur umum dan taman pangan, 3 unit tempat cuci tangan, 2 unit penyemprot disinfektan semi otomatis, 4 unit penyemprot disinfektan portable, 1 unit mobil operasional penyemprotan disinfektan, 1 unit thermo gun, stok masker, disinfektan,Β hand sanitizer, APD,Β sound system, spanduk imbauan, 4 unit HT, 1 unit komputer, akses WIFI dan 1 unit TV.

Relawan juga menunjukkan kelengkapan administrasi Posko berupa buku tamu, panel data posko, standar operasional prosedur (SOP), formulir izin keluar masuk, daftar dan formulir pengawasan ODP, buku tanda terima paketΒ  barang dari jasa pengiriman, buku saku desa tanggap Covid-19, jadwal dan absen piket, daftar donasi, dan lain-lain.

Selain menunjukkan secara langsung, perwakilan relawan Irnaldi (Sekretaris RW) memaparkan bahwa Kampung Tangguh Perumnas Kubang Gajah melingkupi 1 RW, 4 RT dan 2900 orang warga dan didirikan atas dasar kebutuhan, kesadaran dan kesepakatan bersama warga.

Lebih lanjut Irnaldi memaparkan ketangguhan dari aspek kesehatan yaitu kedisiplinan warga yang keluar masuk kampung menggunakan masker dan berhenti di depan posko untuk cuci tangan tanpa harus diberi tahu lagi.

Kampung kami Alhamdulillah zero Covid, warga bersama relawan berhasil mencegah Covid dengan protokol kesehatan masuk kampung yang ketat. Kami juga melakukan pengawasan terhadap warga yang ODP dan pendatang baik kami datangi langsung atau melalui teknologi android aplikasi life360. Tidak hanya itu relawan juga sudah dilatih kemampuan pemulasaran jenazah dengan protokol Covid dan pertolongan pertama gangguan psikologi“, papar Irnaldi.

Kemudian ketangguhan dari sisi ekonomi, Irnaldi menjelaskan Posko kampung tangguh dilengkapi dengan taman pangan kebutuhan rumah tangga sehari-hari, hidroponik, , aquaponik kangkung dan budidaya lele dalam ember, 2 buah kolam di depan dan belakang posko, lumbung pangan yang berasal dari donasi masyarakat serta dapur umum.

Bukti ketangguhan kami dari sisi ekonomi tambah Irnaldi juga dapat dilihat dari swadaya dan kepedulian warga terhadap operasional Posko. Makan siang dan malam piket posko secara bergantian diantar oleh warga. Termasuk juga warga yang keluar masuk kampung, biasanya ketika pulang melalui posko juga sering mengatarkan makanan untuk petugas Posko.

Selain dukungan moril, kami juga antarkan Sembako untuk warga kami yang isolasi mandiri agar warga tetap taat protokol isolasi mandiri. Selain itu kami juga bagikan Sembako bagi warga kami dan tetangga kampung yang terdampak secara ekonomi“. tambah Irnaldi.

Sedangkan dari aspek sosial, ditambahkan oleh Edison Dt Bagak, Wakil Ketua Relawan, bahwa relawan piket di Posko selama 1×24 jam dibagi menjadi tiga shift. Shift sore dilaksanakan oleh warga yang beragama nasrani sedang shift siang dan malam dibagi berdasarkan jenis pekerjaan warga.

3 bulan sebelum Posko Kampung Tangguh kami dirikan, di kampung kami ada 2 kasus, curanmor dan pencurian kopi. Sejak didirikan tanggal 29 Maret 2020 sampai dengan sekarang, penjahat takut masuk kampung kami, karena kami berjaga 1×24 jam. Selain itu, tingkat kedisiplinan warga juga tinggi, penggunaan masker dan cuci tangan saat melalui posko sudah tidak perlu diingatkan lagi“, kata Edison.

Usai menerima penjelasan dari relawan, Forkopimda Sumbar meninjau taman pangan yang ada di sekitar Posko, menebar benih ikan nila sebanyak 3000 ekor di kolam belakang Posko dan menuliskan pesan dalam bingkai foto yang nantinya akan dipajang di Posko sebagai motivasi untuk relawan dan warga.

Gubernur sumbar menuliskan kesan dan pesan “tetap selalu disiplin ikuti protokol kesehatan, insya Allah kita sehat, produktif dan aman Covid“. Sedangkan, Kapolda Sumbar menuliskan pesan “Top Bgt, Pertahankan“. Lalu Danrem menuliskan pesan “Hebat, maju terus“.

Setelah itu, Forkopimda Sumbar lanjut meninjau dua Kampung Tangguh lainnya di Payakumbuh yaitu di Kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Latina, Kota Payakumbuh dan Kelurahan Limbukan di Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengungkapkan bahwa kunjungan Forkopimda Sumbar dalam rangka mempelajari keberhasilan (best practices) dan role model penanganan Covid berbasis kearifan lokal dimana masyarakat secara mandiri dan swadaya, bergotong royong atasi Covid-19 dan dampaknya.

Alhamdulillah, Gubernur, Kapolda Sumbar dan Danrem memberikan apresiasi terhadap kearifan lokal dan manfaat yang nyata dari Kampung Tangguh. Kami yakin kunjungan ini memberikan motivasi bagi relawan, warga dan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk membangun Kampung Tangguh lainnya“, pungkas Dony. (Hms)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 27

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

23 Komentar

  1. Alhamdulillah…
    Kampung tangguh ini patut diapresiasi oleh semua pihak, sebagai bukti kepedulian dan partisipasi warga masyarakat dlm antisipasi penyebaran covid 19 serta dalam mendisiplinkan masyarakat guna menuju new normal life.
    Semoga kampung tangguh Kubang Gajah dan yg ada di kec latina akan menjadi inspirasi bagi nagari dan kelurahan yg lain.πŸ‘πŸ™

  2. Sukses selalu buat kampung tangguh Kubang Gajah, semoga menambah kebahagiaan warga masyarakat perumnas Kubang Gajah, dan silaturahmi akan semakin baik. Amiin ya rabbal Al Amin…πŸ‘πŸ™

  3. kampung tangguh Kubang gajah mantap, smg banyak yg muncul kampung tangguh di daerah lain utk mencegah penularan virus Corona dan kejahatan lainnya.πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  4. Mantap luar biasa, semoga menjadi contoh bagi daerah lain

  5. sangat menginspirasi, terimakasih polres payakumbuh sudah memberikan pelayanan terbaiknya.

    1. Alhamdulillah, semoga kampung tangguh Kubang Gajah bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

  6. Semoga posko Kampung Tangguh Nusantara Perumnas Kubang gajah RW 03 Kel. Limbukan Kec. Payakumbuh Selatan Sumbar semakin sukses dan dijadikan contoh bagi posko penanggulangan Covid-19 yang lain untuk menuju tatanan kehidupan baru atau new normal

  7. Sukses selalu buat Bapak Kapolres Payakumbuh dan jajarannya, semoga jadi amal ibadah, aamiin

  8. Kampung tangguh kubang gajah mantap semoga bisa di contoh dan menjadi panutan kepada kampung yang lain. Selalu jaya

  9. Kampung kami Alhamdulillah zero Covid, warga bersama relawan berhasil mencegah Covid dengan protokol kesehatan masuk kampung yang ketat. Kami juga melakukan pengawasan terhadap warga yang ODP dan pendatang baik kami datangi langsung atau melalui teknologi android aplikasi life360. Tidak hanya itu kami relawan kami juga sudah dilatih kemampuan pemulasaran jenazah dengan protokol Covid dan pertolongan pertama gangguan psikologi

  10. Kampung tanggguh adalah bentuk kepedulian masyarakat Payakumbuh utk memutus mata rantai covid 19, bersifat mandiri dan sangat bermanfaat.

  11. Kompak ya masyarakat kubang gajah, patut di contoh

  12. What a breakthrough, we need this innovation in this hard time

  13. Kampung Tangguh Nusantara, sangat sesuai dengan namanya, sarana dan prasarana untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 ada disana.
    Luar biasa Pak Dony beserta personelnya serta bekerjasama dengan masyarakat dalam membentuk kampung tangguh yang berdiri dari atas swadaya ataupun mandiri yang berbasiskan kearifan lokal serta bergotong royong untuk menghadapi ancaman bahaya wabah Covid-19.
    Kereeeen πŸ‘πŸ‘

  14. Kami atas nama Relawan Posko KTN dan Masyarakat Perumahan Kubang Gajah megucapkan terimakasih yang sebesar Kepada Bpk. Kapolres Payakumbuh beserta jajarannya yg sudah All out mensuport dari awal posko ini berdiri sampai diresmikan oleh Bp. Gubernur bersama unsur Forkompinda Prov. Sumbar, juga ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bp. Walikota beserta jajarannya dan unsur Forkompinda Kota Payakumbuh, Bpk. Camat Payakumbuh Selatan, Bp. Lurah Limbukan, Babinsa dan Babin Kantibmas yang telah membantu sehingga peresmian Kampung Tangguh Nusantara Perumahan Kubang Gajah dapat berjalan Sukses dan pancar, dan kami sangat mengapreseasi semangat dan keberhasilan kita bersama, namun kerja besar kita belum selesai, tugas besar menunggu didepan kita, karena kita sudah menyandang nama Kampung Tangguh Nusantara kedepan tentu akan banyak yang datang untuk meliput, belajar, dan study tiru kedarah kita, dan kami dari relawan siap selalu utk memberikan informasi tentang kegiatan Kampung Tangguh Nusantara kita, serta dengan Telah diresmikannya langsung oleh Bp. Gubernur yg didampingi oleh Bp. Kapolda dan Bp. Danrem memberikan semangat dan motivasi bagi kami relawan dan warga kubang gajah khususnya, Kota Payakumbuh pada umumnya, dan kami bangga sebagai warga Payakumbuh punya Pemimpin yang hebat seperti Kapolres Bp. Doni Setiawa, Bp. Walikota dan Bp. Dandim yang selalu membimbing kami, mari kita viralkan berasama utk kemajuan Kota Payakumbuh kedepan…biar dunia tahu…
    #payakumbuhhebat
    #payakumbuhmaju
    #payakumbuhmendunia
    Salam kompak selalu…
    Salam hormat kami Relawan Kampung tangguh Nusantara Kubang Gajah

  15. Alhamdulillah Payakumbuh jadi kota terdepan khusus nya kampung tangguh kubang gajah, selamat buat semua lapisan elemen masyarakat Payakumbuh, bpk wako, Kapolres kota Payakumbuh yang sangat aktif untuk mengayomi masyarakat, semoga musibah covid 19 segera berakhir,, aamminn
    *Kubang Gajah TOP*

  16. Semangat kepedulian dan Kemandiriannya pantas menjadi contoh , bahagia nya melihat hal yg baik-baik, semoga lestari

  17. Terimakasih Buat bapak Kapolres Payakumbuh,Dandim 0306 50 kota dan walikota Payakumbuh serta seluruh unsur dan teristimewa masyarakat Kubang Gajah yg telah mensupport kegiatan penanganan dan penanggulangan Covid-19 mulai awal berdirinya posko Covid-19 sehingga sampai dalam tatanan new Normal dengan diresmikannya Kampung Tangguh Nusantara yg memiliki posko yg cukup sederhana yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana mengikuti tegnologi informasi , semoga KTN Perumnas Kubang Gajah tetap semangat zero Covid,zero kasus dan masyarakat sejahtera , Sekali lagi kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Kapolres Atas dukungan,bravo polres Payakumbuh

  18. Bravo ….posko Kampung Tangguh Nusantara Perumnas Kubang gajah…..memang layak jadi role model dan terima kasih atas bimbingan Kapolres Payakumbuh bapak AKBP Dony Setiawan SIK MH serta bantuan dari segala pihak

  19. Mantap kampung tangguh Kubang gajah Payakumbuh mudah2an menjadi inspirasi bagi daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.