5
(9)

Ditengah merebaknya virus corona (covid-19) di Indonesia, Polres Payakumbuh dibawah kepemimpinan AKBP Dony Setiawan melakukan upaya dalam rangka pencegahan penyebaran virus tersebut, yaitu mulai Selasa (24/3) dengan mewajibkan kepada masyarakat maupun anggota Polri yang masuk ke mako Polres Payakumbuh untuk melakukan sterilisasi terlebih dahulu.

Dalam pelaksanaannya, setiap pengunjung yang datang ke mako Polres Payakumbuh, diwajibkan terlebih dahulu untuk mencuci kedua tangan hingga bersih dengan menggunakan wastafel yang telah disediakan didekat pintu gerbang masuk mako, lalu setelah itu masyarakat juga harus menyemprot kedua tangan mereka dengan handsanitizer yang juga telah disediakan ditempat mencuci tangan.

Mencuci tangan hingga bersih dan penyemprotan handsanitizer ditempat yang telah disediakan

Lalu setelah kedua tangan bersih, petugas kesehatan yang didampingi oleh personel Propam melakukan pengecekan suhu tubuh kepada masyarakat maupun anggota Polri yang masuk kedalam mako dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh.

Pengecekan suhu tubuh

Setelah itu, pengunjung akan disterilkan dengan menyemprotkan cairan desinfektan ke seluruh tubuh kecuali bagian wajah, yang dilakukan oleh petugas didalam bilik khusus yang telah disediakan.

Penyemprotan cairan desinfektan
Penyemprotan cairan desinfektan sampai ke bagian belakang tubuh

Kapolres AKBP Dony mengatakan bahwa sterilisasi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona sehingga masyarakat maupun anggota Polri yang masuk ke mako Polres sudah dalam keadaan steril.

Salah satu upaya kita untuk mencegah penyebaran virus corona yaitu membuat bilik sterilisasi, dimana sterilisasi tersebut bisa dilaksanakan semua masyarakat maupun anggota Polri yang masuk ke Polres Payakumbuh, sehingga sebelum nanti memasuki Polres mereka sudah dalam keadaan steril dengan harapan bahwa apabila ada virus Corona yang melekat dibadan masyarakat atau anggota masuk kantor bisa di sterilkan dengan sterilisasi yang ada,” ungkap Kapolres.

Wakapolres Payakumbuh Kompol Ari Sulisityo Nugroho sebelum pelaksanaan sterilisasi juga mengatakan kepada personelnya bahwa “sterilisasi ini dilakukan kepada siapa saja baik masyarakat maupun anggota Polri yang memasuki Polres Payakumbuh demi terhindarnya kita semua dari penyebaran virus corona”, ungkap Wakapolres.

Wakapolres saat di lakukan pengecekan suhu badan

Selain itu, Kapolres juga menyatakan untuk menjaga aturan dengan menghindari acara berkumpul dengan banyak orang atau massa, agar terhindar dari virus Corona, pihaknya juga tidak akan mengeluarkan izin untuk kegiatan keramaian.

“Sampai dengan saat ini, kita tidak akan menerbitkan izin keramaian sehubungan dengan adanya himbauan Pemerintah dan Kapolri, untuk melarang adanya kumpulan orang-orang yang terkait dengan kegiatan-kegiatan didaerah masing-masing. Sampai ada petunjuk dari Pemerintah maupun dari Kapolri,” tutur Kapolres.

Kapolres berharap dengan adanya sterilisasi di gerbang masuk mako Polres Payakumbuh ini bisa mencegah penyebaran wabah virus corona kepada masyarakat maupun anggota Polri di Polres Payakumbuh. (Hms)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

2 Komentar

  1. Mantap Polres Payakumbuh selalu Waspada krn virus tidak mengenal siapa saja, lebih baik mencegah daripada mengobati, semoga masyarakat dan Personil Polres Payakumbuh selalu diberikan Kesehatan dan Keselamatan dlm melayanani masyarakat aamiin

  2. Mantap Polres Payakumbuh, melaksanakan cegah covid 19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.