5
(23)

Pasca dikunjungi dan mendapat apresiasi dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen Toni Harmanto, dan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arif Gajah Mada Rabu lalu (17/6), Kampung Tangguh Nusantara Kubang Gajah, Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan dikunjungi oleh personel Polres Pasaman, Jum’at siang (19/6).

Kunjungan personel Polres Pasaman yang terdiri dari Kasat Sabhara AKP Yoni Handra, Kasat Binmas IPTU Rusdi, Kasubbag Sarpras AKP ZulKifli, beberapa personel dan salah satu Wali Nagari bertujuan untuk melihat langsung dan mempelajari Kampung Tangguh Perumnas Kubang Gajah.

Rombongan dari Polres Pasaman disambut oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan beserta pejabat utama Polres. Kapolres Payakumbuh bahkan mengantarkan rombongan ke Posko Kampung Tangguh.

Di Posko Kampung Tangguh, Kapolres Payakumbuh mengenalkan rombongan dengan para relawan yang sedang bertugas serta menunjukkan administrasi dan sarana prasarana kelengkapan pokso.

Saya bersama relawan menunjukkan sarana prasarana, administrasi, dan meminta kepada Camat, Lurah dan para relawan menjelaskan langsung ke personel Polres Pasaman. Semoga dengan kunjungan itu, Polres Pasaman mendapatkan hal yang positif untuk diterapkan“, ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, bahwa relawan dan warga Perumnas Kubang Gajah pantas dikatakan tangguh karena mereka gotong royong, swadaya dan mandiri dalam mengatasi Covid-19 dan dampaknya.

Mereka tidak bergantung pada bantuan pemerintah. Ada atau tidak bantuan pemerintah, mereka tetap saja jalan. Bahkan hebatnya lagi, di saat posko-posko relawan lainnya sudah kelelahan, mereka tetap tegar menjaga kampungnya“, terang Kapolres Payumbuh.

Selanjutnya, kata Kapolres, “mereka membangun Kampung Tangguh karena kebutuhan karena takut warganya terpapar virus, bukan karena perintah, bukan karena diminta-minta atau karena motivasi lainnya. Jadi mereka adalah role model dari kemandirian masyarakat dalam melawan Covid-19 yaitu masyarakat yang tidak hanya patuh dan waspada tapi juga peduli dan ikut andil dalam pencegahan Covid-19 di lingkunganya masing-masing“.

Sementara kami Polres, Walikota dan Dandim perannya hanya mendorong, memberikan asistensi dan dukungan-dukungan lainnya agar model kontrol sosial yang seperti ini bisa dicontoh di tempat-tempat lain. Jadi bukan kami yang di depan, kami di belakang, mereka yang di depan“, pungkas Kapolres.

Camat Payakumbuh Selatan Junaidi mengakui hal itu. Junaidi mengucapkan terima kasih kepada Walikota, Kapolres dan Dandim atas dorongan dan dukungan kepada warga dan relawan Kampung Tangguh.

Junaidi juga mengatakan bahwa kunjungan dari Forkopimda Sumbar dan dari Pasaman ke Kampung Tangguh Kubang Gajah telah membawa kekuatan yang luar biasa. “Warga dan relawan jadi tambah semangat untuk mempertahankan dan meningkatkan keberlangsungan Kampung Tangguh ini“, ujar Junaidi.

Kegembiraan hadirnya rombongan Polres Pasaman Timur ini juga dirasakan oleh Lurah Limbukan Firdaus Syawir.

“Sebagai Lurah kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Kedepan, kami dan seluruh tokoh masyarakat siap untuk terus melakukan inovasi-inovasi baru dalam pegembangan kampung tangguh ini sehingga menjadi role model kampung tangguh nusantara”, pungkasnya.

Di lain pihak, usai meninjau Posko Kampung Tangguh, Iptu Rusdi Kasat Binmas Polres Pasaman mengatakan “Kampung Tangguh ini benar-benar tangguh, lengkap semuanya, tangguh ketahanan pangan, keamanan dan lain-lain, kami mempelajari tata kelola Kampung Tangguh ini dan mudah-mudahan bisa dicontoh di Pasaman“.

Kasat Binmas Polres Payakumbuh AKP Hikmah yang juga ikut mendampingi kunjungan dari Polres Pasaman mengatakan bahwa kunjungan tersebut menunjukkan bahwa Kampung Tangguh Kubang Gajah sudah jadi percontohan.

Mudah-mudahan ke depan bisa menginspirasi dan menjadi contoh bagi yang lainnya sehingga semakin banyak kampung tangguh lainnya di Sumbar dimana warga secara aktif, peduli dan ikut andil dalam menjaga kampungnya dari wabah Covid-19 dan dampaknya”, ujar AKP Hikmah. (aa/Hms)

Baca juga :

Kapolda Dan Gubernur Sumbar, Apresiasi Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh

Kapolda Sumbar, Gubernur Dan Danrem : Atasi Covid-19 Dengan Kearifan Lokal, Kampung Tangguh Payakumbuh Layak Ditiru

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 23

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

24 Komentar

  1. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

  2. terima kasih dorongan dan motivasi serta suggesti polres payakumbuh beserta unsur lainnya.Semoga bisa jadi inspirasi warga untuk ciptakan kampung tangguh lainnya.

  3. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

  4. Mantap pak kapolres,
    Berkat kesadaran dan kerjasama serta dukungan dari bapak alhamdulillah kampung tangguh mendapat apresiasi Forkopimda Provinsi Sumbar dan menjadi percontohan untuk Kabupaten/kota lainnya.

  5. Perumahan Kubang gajah jadi percontohan ya pak… semoga masyarakat sumbar bisa belajar dri kampung tangguh Kubang Gajah.

  6. Memang Luar Biasa Kampung Tangguh Nusantara Kubang Gajah, Memadukan antara gotong royong masyarakat serta perkembangan teknologi dan juga aspek ketahanan pangan.
    Tidak salah Kalo Mendapatkan Pujian dari forkopimda provinsi dan juga menjadi role model di lingkup Provinsi Sumbar.

  7. Mksh Kapolres payakumbuh yang selalu memberikan motivasi dan juga dukungan kepada masyarakat kubang gajah sehingga terciptalah Kampung Tangguh Nusantara yang sangat Luar Biasa.

    Together We Can

  8. Kapolres Payakumbuh dan jajaran semakin didepan.
    Sukses dan jaya selalu

  9. Polres payakumbuh mantap πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

  10. Kampung Tangguh Nusantara,Perumnas Kubang Gajah RW 03 Kelurahan Limbukan Kec.Payakumbuh Selatan , masyarakat Tangguh tak Kenal lelah karena kami selaku Ketua Rukun warga bersama masyarakat takut terpapar Covid 19,siang malam melakukan pencegahan semata untuk keselamatan bersama, kami bangga warga kami sehat dan kami bersedih bila warga sakit,Tampa dukungan siapa siapa kami tetap aktif ,terima kasih forkopimda kota Payakumbuh yang selalu memotivasi kami.

  11. Patut d acungkan jempol sukses polres pyk bravo maju trs ttp smngat tekad ku pengabdian terbaik

  12. Mantap masyarakat perumnas kubang gajah bisa dijadikan role model dengan sipat kegotong royongannya dan ini tidak terlepas dari dorongan pak kapolres payakumbuh

  13. Smg ditmt lain bs jg spt ini. Trmksh bpk kapolres…

  14. Indah pada waktunya, tetap smangat semoga selalu membawa berkah dan kebaikan untuk semuanya.

  15. Memang mantap kampung tangguh Nusantara Kubang gajah Payakumbuh, Polres Pasaman Timur menjadi tertarik untuk melihat dimana tangguhnya kampung tersebut, mudah2an Polres atau daerah lainnya tertarik untuk mengikuti Polres Pasaman Timur.

  16. Mantap , tetap semangat pak πŸ™πŸ‘

  17. MantapπŸ‘,
    Hebat πŸ‘,
    Tangguh πŸ‘

  18. luar biasa kekompakan warga Kubang gajah dalam mendirikan kampung tangguh smg menjadi contoh bagi warga yang lain….! πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    1. Semoga menjadi contoh bagi yg lain. Semangat trs polres Payakumbuh

      1. Polres pyk telah menebar keberkahan bagi polres lain, dan perumnas Kubang Gajah merupakan contoh silaturahmi yg baik antara warganya.
        Semoga polres Payakumbuh semakin maju dan berkembang serta tambah berkah

  19. Luar biasa pak, jadi inspirasi bagi kelurahan dan nagari lainnya

  20. Luar biasa polres Payakumbuh dgn inovasi yg smart dan cemerlang, patut ditiru oleh polres lain.
    Selamat dan sukses selalu buat polres Payakumbuh dan tambah berkah

  21. Sebagai warga masyarakat pikumbuoh salut Kito Jo pak Danres pikumbuoh pak Doni, byk ide dan inovasi beliau yg berkah dan bermanfaat bagi warga masyarakat, mudah mudahan sukses juo karir beliau dimaso nan Ka Tibo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.